February 6, 2023

Musik dan alat musik adalah bagian yang sangat penting dari sejarah manusia. Penggunaan ritme dan lagu telah lama digunakan untuk mengekspresikan makna, perasaan, dan mengiringi ritual.

Musik telah menjadi bagian dari kehidupan manusia selama siapa pun dapat melacaknya. Peradaban awal manusia menggunakan musik sebagai cara untuk berkomunikasi dan mengungkapkan perasaan. Dari semua alat musik yang kita lihat di masyarakat kita saat ini dan Jual Alat Marching Band digunakan secara teratur, ada satu alat musik yang menonjol dalam sejarah musik, yaitu gendang.

Sejarah drum memang menarik dan unik. Ketika Anda memeriksa instrumen ini secara historis, Anda akan menemukan bahwa drum memiliki tempat di hampir semua budaya di seluruh dunia. Variasi drum dan perangkat drum terjadi di banyak budaya yang berbeda, variasi standar drum hanya terdiri dari batang kayu atau labu yang dilubangi dengan sepotong ejekan kulit yang direntangkan. Ukuran labu dan kayu yang berbeda menciptakan suara dan ketukan yang berbeda.

Pengaruh Afrika

Di sebagian besar budaya Afrika, drum sangat penting dalam penggunaan ritual dan upacara keagamaan. Orang-orang dari berbagai suku Afrika mengandalkan penggunaan drum untuk mengekspresikan diri mereka dan ketika perdagangan budak dimulai, drum juga melakukan perjalanan melintasi lautan.

Drum dan penabuh Afrika memberikan suara unik yang sangat memengaruhi musik Rock and Roll Barat. Ritme dan ketukan yang sama itu masih memberikan pengaruh yang kuat pada suara hari ini.

Set Drum Awal

Ketika ditemukan bahwa satu pemain dapat memainkan dua atau lebih drum pada saat yang sama, orang mulai menempatkan kelompok drum bersama untuk dimainkan oleh satu musisi. Kelompok-kelompok ini terdiri dari asimilasi drum dari berbagai budaya dan dari seluruh dunia. Simbal dan drum tom tom didatangkan dari Tiongkok dan ukurannya disesuaikan untuk memudahkan permainan saat dimainkan dengan stik drum.

Pada awal tahun 1930-an, para musisi perlahan menemukan dengan penempatan drum yang tepat dan banyak latihan, satu musisi dapat menangani satu set drum, dan seluruh band pemain drum tidak diperlukan lagi. Dengan demikian, kit dasar berkembang dan terjadi.

Di Kit Awal

Perangkat drum awal memiliki desain yang sederhana, biasanya hanya terdiri dari:

1) Bass dan pedal kaki

2) Sebuah snare drum

3) Tom Tom

4) Simbal topi tinggi

5) Satu atau dua set simbal gantung

Evolusi Set Drum

Pada tahun 1930-an set drum sangat dipengaruhi oleh suara-suara pada masa itu, dan bentuk-bentuk awal musik Rock and Roll. Suara-suara itu memiliki ketukan dasar yang kuat yang mendukungnya.

Pada tahun 1950-an ketika musik Rock and Roll mulai berkembang, bunyinya menjadi lebih kompleks dan demikian pula, set drum menjadi lebih berkembang, dengan tambahan baru ditambahkan ke dalamnya. Rocker mulai mengembangkan perangkat drum dengan menambahkan lebih banyak simbal dan drum tom tom ke dalamnya. Selain itu, seiring berjalannya waktu, drum elektronik juga ditambahkan ke perangkat drum. Semua tambahan ini memungkinkan para musisi untuk mengembangkan suara mereka dan mendiversifikasi musik mereka.

Jenis Drum Kit

Di masa lalu, seiring berkembangnya drum dan perangkat drum, perusahaan baru dibentuk dan produk disempurnakan dan dibuat lebih baik. Perusahaan Drum Ludwig dikenal sebagai salah satu perusahaan drum paling berpengaruh dan bersejarah di zaman kita.

Perusahaan drum Ludwig dimulai oleh seorang pemuda yang senang bermain drum. Dia tidak dapat menemukan pedal bass yang sesuai dengan gaya permainan drumnya yang intens. Dia berbelanja di mana-mana dan tidak dapat menemukan pedal yang sesuai, jadi dia membuatnya dari kayu. Pedalnya lebih unggul dari yang lain di pasaran. Saudaranya, merasa pedal yang lebih kuat dapat dibuat dari produk logam, jadi mereka bekerja sama untuk membuat pedal bass yang lebih baik. Maka lahirlah Perusahaan Drum Ludwig.

Ringo Starr, drummer terkenal The Beatles menggunakan set drum Ludwig dan dikenal lebih menyukai drum Ludwig. Dia dikatakan masih memiliki set drum Ludwig asli yang dia mainkan dengan The Beatles.

Ada banyak jenis drum kit dan nama perusahaan lain yang memainkan peran penting dan berpengaruh dalam sejarah drum. Yamaha, Pearl, Tama, dan Gretsch adalah nama merek terkenal yang drum dan kit drumnya telah membantu membentuk perangkat drum, seperti yang kita kenal sekarang.

Masa Depan Untuk Drum

Apa masa depan untuk drum set? Tidak ada yang bisa memastikan. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, kita dapat yakin bahwa suara akan semakin berkembang. Kombinasi suara baru dan tradisional akan selalu ditemukan. Dan batasan pembuatan set drum hanyalah imajinasi para musisi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *