February 6, 2023

Cara Pelaksanaan Pondasi Bore Pile

Pondasi Bore Pile adalah tipe pondasi dalam yang berbentuk tabung, yaitu berfungsi meneruskan beban lapisan bangunan diatasnya berasal dari permukaan tanah hingga lapisan tanah keras di bawahnya. Pondasi bore pile punya faedah yang sama dengan pondasi tiang pancang atau pondasi dalam lainya. Perbedaan di terhadap keduanya adalah terhadap cara pelaksanaan pengerjaanya. Jasa pelaksanaan pondasi bore pile di awali berasal dari pembuatan lubang di tanah dengan cara tanah di bor khususnya dahulu sesudah itu penginstalan besi tulangan ke dalam lubang yang dilanjutkan dengan pengecoran bor pile dengan tremi.

Jasa pondasi bored pile

Ada beragam tipe alat dan cara untuk pelaksanaan pembuatan pondasi bore pile, diantaranya:
Alat Bore Pile mini crane .
Dengan memakai alat / mesin bore mini crane sanggup dilaksanakan pengeboran dengan diameter 30cm hingga 60cm dengan pilihan kedalaman 6meter hingga 24meter khususnya lebih. Yaitu dengan cara memakai wash borring / bor basah. Wash borring perlu air yang cukup banyak untuk mempermudah pelaksanaan pekerjaan bore pile.
Dalam bangunan gedung, jembatan, tower dan bangunan lainnya yang di dirikan sudah pasti perlu pondasi yang kuat dan kokoh.

Apa andaikan suasana tanah di permukaan tidak sanggup menghindar beban bangunan, maka beban harus di lanjutkan ke lapisan tanah keras di bawahnya memakai konstruksi pondasi dalam berbentuk tiang pancang atau bore pile .

Pondasi tiang pancang sering dipakai terhadap lahan yang luas di mana getaran yang ditimbulkan terhadap waktu pengerjaan pemancangan tidak mengganggu lingkungan sekitarnya, Namun jika bangunan sesudah itu di dirikan di wilayah yang dekat bangunan yang ada di sekitar, maka getaran yang ditimbulkan sanggup jadi sebuah kendala, karena dalam pelaksanaanya terlalu mengganggu dan sanggup sebabkan kerusakan bangunan di sekitarnya.

Dengan suasana sedemikian rupa pemanfaatan pondasi tipe bore pile merupakan pilihan pondasi yang tepat. Proyek besar di mana layanan transportasinya mendukung, dalam pembuatan bore pile sering digunakan alat berat berbentuk crane. Namun untuk proyek kecil khususnya jika layanan transportasinya tidak cukup mendukung, maka pemanfaatan crane sering mengalami halangan karena untuk mobilisasinya dibutuhkan dana yang cukup besar, sehingga cost operasional jadi tidak ekonomis lagi.

Kami melayani jasa pekerjaan bore pile dengan alat bore mini crane dan bore pile manual yang terlalu praktis dan gampang dalam menggerakkan maupun pengoperasian alat-alatnya.

Keunggulan Bore Pile Mini Crane : Bor Pile Makassar
Praktis Saat mobilisasinya.
Mudah Dalam pengoperasianya.
Tidak Menimbulkan getaran terhadap lingkungan sekitar.
Memenuhi syarat tehnik dan spesifikasi bangunan.
Hal ini terlalu penting, khususnya untuk pembuatan pondasi di daerah perkotaan yang bangunannya cukup rapat dan tidak terlalu bisa saja ada pelaksanaan pemancangan.

Kemampuan mesin Bore Pile Mini Crane :
Dapat Melakukan pengeboran berasal dari diameter 30 cm hingga dengan 60 cm.
Kedalaman Dapat raih 24 mtr. atau hingga kedalaman tanah keras di daerah sesudah itu sesuai information soundir.
Dapat dioperasikan dengan dua cara, proses wash borring maupun proses dry drilling.
Kecepatan pelaksanaan pekerjaan bergantung terhadap lebih dari satu segi sebagai berikut:
Kondisi lapisan tanah setempat.
Lokasi kerja ( bobokan pondasi lama,dan bekas instalasi lainya terhadap bangunan lama, dll)
Kelancaran droping material
Kesiapan pembuangan limbah hasil pengeboran.

PROSES PENGEBORAN
Pengeboran dengan proses bor kering / dry drilling : Tanah di bor dengan memakai mata bor spiral. Dengan cara memutar mata bor dan diangkat tiap tiap interval 0,5meter. Hal ini dilaksanakan berulang-ulang hingga kedalaman yang ditentukan.

Pengeboran dengan proses bor basah / wash borring : Tanah di bor dengan memakai mata bor cross bit ex design sesuai keperluan yang punya kecepatan putar 375 rpm dan tekanan +/- 200 kg. Jika tanah dalam suasana gampang runtuh sanggup diberi chasing waktu khususnya dahulu untuk menjauhi kelongsoran dinding lubang hasil pengeboran. Pengikisan tanah dibantu dengan tembakan air melalui lubang stang bor yang dihasilkan berasal dari pompa NS-80.

Hal ini sebabkan tanah yang terkikis jadi lumpur dan terdorong keluar berasal dari lubang. Setelah raih kedalaman sesuai rencana, pengeboran dihentikan, waktu mata bor dibiarkan berputar tapi beban penekanan dihentikan dan air sirkulasi selamanya mengalir selamanya hingga serpihan tanah terdorong keluar berasal dari lubang seluruhnya. Selama pembersihan ini berlangsung, baja tulangan dan pipa tremi udah disiapkan di dekat lubang bor. Setelah cukup bersih, stang bor diangkat berasal dari lubang bor. Dengan bersihnya lubang pengecoran sanggup meraih hasil yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *